Orang-Orang Itu Kenapa Ya Kok Mematuhi Hukum ?

 


Setiap dari kita pasti pernah memiliki pengalaman dalam mematuhi hukum.  Bahkan kita sendiri tidak menyadarinya. Lalu apasih kepatuhan hukum itu sendiri ?

Kepatuhan adalah satu perilaku yang sesuai dengan isi hukum. Kalau hukum melarang kita melakukan A maka kita tidak melakukan A. kalau hukum melarang kita melakukan B maka kita tidak melakukan B.  Misal nih kalau hukum melarang kita untuk mencuri, sedangkan kita sendiri memang tidak mencuri, tanpa kita sadari kita itu sudah mematuhi hukum loh.. mudah bukan hehe.
Selanjutnya saya telah mewawancarai beberapa orang yaitu diantaranya teman sebaya, remaja, anak-anak dan orang tua dan saya telah meringkasnya sehingga menghasilkan analisis dibawah ini. Kenapa sih kok mereka mau patuh sama hukum ?

“ Yaa karena pada dasarnya apabila kita memutuskan masuk ke suatu lingkungan, kita harus mematuhi peraturan yang berlaku di situ agar kehadiran kita dapat diterima dengan baik. Begitupun juga ketika memutuskan untuk menjadi mahasiswa STKIP PGRI Jombang, sudah pasti kita akan dituntut untuk mematuhi peraturan tersebut. Selain untuk kebaikan bersama, peraturan tersebut juga dibuat agar visi misi kampus dapat tercapai. Gitu mbak.” Jawab Iin, mahasiswa semester 5 yang sekaligus teman saya itu saat saya tanya, “Peraturan apa sih yang kamu patuhi ? terus kenapa ?” dan dia menjawab peraturan kampus.. dan menjelaskan alasannya.

Contoh aturan lain hasil wawancara saya adalah peraturan keluarga yang harus mereka taati. contohnya: tidak boleh pulang melebihi jam malam, mengikuti acara keluarga, dan tidak boleh menginap dirumah teman apabila merepotkan keluarganya. Aturan ini yang kebanyakan ditaati oleh mereka yang saya wawancarai. Menurut mereka, Peraturan tersebut dapat menjadi pelindung mereka, agar terjaga dari yang namanya kejahatan pada malam hari. Selain itu, dengan mematuhi peraturan tersebut akan tumbuh kepercayaan antar masing-masing anggota keluarga. Peraturan tersebut harus dipatuhi karena merupakan kesepakatan bersama dan memang sudah sepantasnya setiap anggota keluarga mematuhinya.

Ada juga contoh aturan dijalanan yang mereka taati dengan alasan, harus mematuhi peraturan tersebut karena demi mendukung terciptanya kondisi lalu lintas yang tertib dan aman. Memang benar bahwa banyak pasien di rumah sakit disebabkan oleh kecelakan lalu lintas, oleh karena itu setiap masyarakat harus mematuhi aturan lalu lintas yang dibuat agar mampu melindungi diri maupun orang lain.

Tidak hanya itu saja teman-teman, ada juga aturan yang sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, harus memakai masker dan jaga jarak saat pandemi ini, dan masih banyak sekali contoh aturan yang ditaati di lingkungan kita. Hal itu membuat saya memahami bahwa memang alasan setiap orang mematuhi hukum itu berbeda-beda. Ada yang karena aturan tersebut memang sesuai, ada yang karena aturan tersebut akan melindungi mereka, ada yang karena sesuai untuk kepercayaan mereka dan sebagainya.

Hal ini kemudian tidak jauh dari tujuan aturan hukum itu dibuat, yaitu untuk menata masyarakat dan melindungi masyarakat. Tidak mungkin suatu aturan dibuat jika untuk merugikan masyarakat. Jadi sebagai masyarakat itu sendiri kita memiliki kewajiban untuk menaati hukum dimana pun kita berada. Seperti sebuah teori yang berbunyi “Dimana ada masyarakat, disitu ada hukum.”

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biarkanlah aku pergi ~ #DuniaJilbab

Teruntuk seseorang ~