Pengertian dan Manfaat Pupuk Kandang



Pupuk kandang
Pupuk kandang merupakan pupuk yang penting di Indonesia. Selain jumlah ternak lebih tinggi sehingga volume bahan ini besar, secara kualitatif relatif lebih kaya hara dan mikrobia dibandingkan limbah perta­nian. Yang yang dimaksud pupuk kandang ialah campuran kotor­an hewan/ ternak dan urine.
Pupuk kandang dibagi menjadi dua macam:
a) pupuk padat
b) pupuk cair.
Susunan hara pupuk kandang sangat bervariasi tergantung macamnya  dan jenis hewan ternaknya. Nilai pupuk kandang dipengaruhi oleh:
1) makanan hewan yang bersangkutan.
2) fungsi hewan tersebut sebagai pembantu pekerjaan atau dibutuhkan da­gingnya saja. 
3) jenis atau macam hewan.
4) jumlah dan jenis bahan yang digunakan sebagai alas kandang.

http://tbn0.google.com/images?q=tbn:Y3dy3HIhmkT4zM:http://www.isroi.org/wp-content/images/kompos_jerami/gambar16a.jpgDewasa ini pemupukan dengan pupuk anorganik atau pupuk buatan penggunaannya semakin meningkat. Hal ini bila berlangsung terus dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hara dalam tanah, dan rusaknya struktur tanah, sehingga dapat menurunkan produktivitas tanah pertanian. Salah satu alternatif untuk mempertahankan dan meningkatkan kesuburan tanah adalah dengan pemberian bahan organik seperti pupuk kandang ke dalam tanah. Pemberian pupuk kandang, selain dapat meningkatkan kesuburan tanah juga dapat mengurangi penggunaan pupuk buatan yang harganya relatif mahal dan terkadang sulit diperoleh. Pupuk kandang adalah kotoran padat dan cair dari hewan yang tercampur dengan sisa-sisa pakan dan alas kandang.

MANFAAT PUPUK KANDANG
Nilai pupuk kandang tidak saja ditentukan oleh kandungan nitrogen, asam fosfat, dan kalium saje, tetapi karena mengandung hampir sernua unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman serta berperan dalam memelihara keseimbangan hara dalam tanah.



Keistimewaan penggunaan pupuk kandang antara lain:
  • Merupakan pupuk lengkap, karena mengandung semua hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman, juga mengandung hara mikro.
  • Mempunyai pengaruh susulan, karena pupuk kandang mempunyai pengaruh untuk jangka waktu yang lama dan merupakan gudang makanan bagi tanaman yang berangsur-angsur menjadi tersedia.
  • Memperbaiki struktur tanah sehingga aerasi di dalam tanah semakin baik. Meningkatkan kemampuan tanah dalam menyimpan air.
  • Meningkatkan kapasitas tukar kation sehingga hara yang terdapat di dalam tanah mudah tersedia bagi tanaman.
  • Mencegah hilangnya hara (pupuk) dari dalam tanah akibat proses pencucian oleh air hujan atau air irigasi.
  • Mengandung hormon pertumbuhan yang dapat memacu pertumbuhan tanaman.
Kandungan Pupuk Kandang
§  Unsur mikro terdiri atas kandungan kalsium, magnesium, natrium, besi, tembaga, belerang, molibdenum, dan seterusnya.
§  Unsur makro yang sifatnya padat banyak mengandung fosfor, nitrogen dan kalium.
Kedua unsur tersebut adalah unsur yang sangat penting untuk kesuburan dan kesehatan tanah karena memiliki daya ikat ion yang sangat tinggi. Daya ikat tersebut akan mengefektifkan bahan organik lain dalam tanah. Disamping itu, pupuk kandang juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki struktur tanah, sehingga pertumbuhan tanaman bisa lebih optimal.
     
Pupuk kandang mengandung 3 golongan komponen, yaitu litter (kotoran/sampah), ekscreta padat (bahan keluaran padat) dari binatang, dan ekscreta cair (urin). Sifat/keadaan dan konsentrasi relatif dari komponen-komponen ini dalam macam-macam pupuk kandang adalah sangat berbeda, tergantung dari jenis binatangnya, cara pemberian makanannya dan pemeliharaan binatang-binatang tersebut.
     
Sisa-sisa tanaman yang merupakan kotoran pada pupuk kandang biasanya tinggi kandungan karbohidrat, terutama selulosa, dan rendah kandungan nitrogen maupun mineral. Nitrogen dan mineral terkandung tinggi pada urin, dan kandungan karbohidratnya sangat kecil. Sedangkan ekscreta padat memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga memberika suatu media yang lebih seimbang bagi perkembangan mikro organisma. Komposisi kimiawi pupuk kandang dari berbagai jenis binatangnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biarkanlah aku pergi ~ #DuniaJilbab

Belajar Ikhlas ~

Kangen Mbak Nisa :(